Selasa, 01 Desember 2009

STARFRUIT

Jumat, 27 November 2009
Belimbing, Buah Tropis Yang Kaya Manfaat

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Bentuknya yang unik ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh kita.
Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Karena itu dalam bahasa Inggris buah belimbing disebut Starfruit. Buah belimbing berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Bila masak buah belimbing banyak mengandung air sehingga memungkinkan untuk dibuat wine buah.

Kandungan Gizi Buah Belimbing
Buah belimbing juga mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Setelah diuji, ternyata dalam 100 gram buah belimbing yang matang mengandung :

• Energi : 35 kal
• Protein : 50 gram
• Lemak : 70 gram
• Karbohidrat : 7,70 gram
• Kalsium : 8 mg
• Serat : 0,90 gram
• Vitamin A : 18 RE
• Vitamin C : 33 Mg
• Niacin : 0,40 gram

Manfaat Buah Belimbing
Disamping sebagai buah yang dapat dikonsumsi, buah belimbing ternyata dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Belimbing tergolong buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol ’jahat’ dalam tubuh. Bahkan belimbing mampu mencegah timbulnya penyakit hepatitis. Buah ini merupakan sumber vitamin, khususnya vitamin A dan C, sebagai antioksidan tangguh dalam memerangi radikal bebas. Buah ini pun mampu membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari sariawan. Adapun kandungan pektin pada dinding sel belimbing mampu mengikat kolesterol dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pengelurannya.. Selain itu belimbing juga memiliki kandungan serat yang baik sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan, dan mengandung kadar kalium tinggi, serta natrium yang rendah sebagai obat hipertensi. Buah belimbing menempati posisi juru kunci dibandingkan dengan buah-buahan lainnya karena kalorinya yang rendah cocok untuk bagi penggemar buah-buahan yang kelebihan berat badan.
Jadi, yuk kita coba rasakan manfaatnya..
Diposkan oleh Jangan-diklik di 04:56 0 komentar
Label: Belimbing, Kandungan gizi buah belimbing, Manfaat buah belimbing, Starfruit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar